Cara Mabar / Bermain Bersama di GTA Online – Cara Bermain Gta V Online (PC) Part 2

Pada artikel sebelumnya kita sudah menjelaskan cara bermain GTA V Online. Buat yang belom membacanya artikelnya silahkan baca artikelnya terlebih dahulu. Artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan kalian yang masih bingung mengenai gimana sih cara main bareng temen, kadang suka ketemu orang random yang gk kenal. Oke inilah Cara Mabar di GTA Online !!

Namun mungkin jika kalian berminat silahkan baca artikel kami yang lain ya !!

Oh iya, karena cara yang kita gunakan tidak jauh dari Rockstar Social Club, saya akan menjelaskan sedikit tentang Rockstar Social Club untuk lebih jelas dan agar tidak membuat kelian bingung.

Apa itu Rockstar Social Club?

Social Club adalah sebuah layanan milik Rockstar Games yang digunakan untuk menghubungkan game game Rockstar seperti layaknya sebuah Social Media.

Dengan Social Club kalian bisa menghubungkan game game rockstar yang sudah kalian beli. Seperti ini contohnya, saya sudah membeli beberapa game dari Rockstar, seperti GTA V, GTA SA, dll. Maka akan dikumpulkan di dalam sebuah Rockstar Launcher.

Dan fungsi lain dari Rockstar Social Club adalah menambah pertemanan di dalam game Rockstar. Yang nantinya bisa kita gunakan untuk bermain game Online milik Rockstar

Cara Menambah Teman di GTA Online

Pertama-tama sebelum kalian bisa bermain bersama temen, kalian harus berteman terlebih dahulu di dalam Social Club. Ada 2 cara untuk menambah pertemanan di GTA Online,

Cara Pertama

Cara pertama digunakan ketika kita belum pernah bermain bersama sebelumnya. Misalkan ada teman kita yang baru saja membeli game tersebut bisa kita tambah pertemanan dengan cara :

1. Klik Home

Pada saat kalian sudah masuk ke dalam game GTA, klik tombol Home. Maka akan muncul seperti pada gambar disamping.

2. Pilih Menu Social

Setelah itu klik Menu Social. Menu ini banyak sekali fungisnya. Di artikel ini akan kita jelaskan fungsi pokoknya.

3. Find Player

Kemudian klik Find Player. Ketikan nama player temen kalian/orang yang ingin tambahkan teman.

4. Klik Icon Add

Lalu klik add. Dengan begitu artinya kamu meminta pertemanan ke orang tersebut. Kita tinggal menunggu orang tersebut untuk menerima / accept pertemanan.

Cara Kedua

Cara kedua ini digunakan ketika kita berada didalam suatu session / loby dan kita ingin mengajak orang tersebut untuk berteman dan kita ingin bermain dengannya lagi suatu saat nanti. Caranya yaitu :

1. Buka HP kalian -> Contact

HP yang dimaksud disini yaitu hp yang ada di dalam GTA Online ya.. Kalian bisa membukanya dengan cara menekan tombol atas (↑) . Setelah itu arahkan ke kontak yang ada di pojok kanan atas.

2. Pilihlah orang -> Enter

Kemudian pilihlah orang yang akan dijadikan pertemanan. Misal di sini saya akan menambah BangChakk sebagai teman. Kemudian tekan Enter.

3. Pilih Send Friend Request

Kemudian tekan Enter untuk memilih Send Freind Request.

4. Klik titik tiga -> Add

Lalu klik pada bagian titik tiga seperti pada gambar disamping lalu klik Add. Dengan begitu berarti kamu meminta pertemanan ke pada BangChakk.

Cara Menerima Perteman

Jika ada teman kalian meminta pertemanan kalian dan kalin ingin menerimanya cukup pergi kebagain Friend Requests. Kemudian Accept. Dengan begitu kalian sudah berteman dan sudah bisa mabar di dalam GTA Online.

Cek Pertemanan

Setelah permintaan pertemanan sudah ter-accept maka orang tersebut akan muncul melalui Menu ini. Ini merupakan salah satu fungsi dari Menu Social.

Cara Mabar di GTA Online

Setelah pertemanan ter-accept maka kalian sudah bisa untuk bermain bersama / mabar di GTA Online. Beginilah caranya :

1. Klik Home

Klik tombol Home seperti tadi. Jika temanmu sedang Online maka akan muncul pada Tab terserbut. Dan Tab ini berfungsi untuk melihat siapa saja teman kalian yang sedang Online.

2. Klik Invite/Join

Setelah itu kita pilih akan bermain dengan siapa. Klik Invite mengajak orang tersebut untuk datang ke loby kita. Klik Join agar kita bisa masuk ke dalam loby nya orang tersebut.

Untuk menerima invite-an dari teman, kalian bisa masuk ke Menu Social -> Game Invited. Dan klik accept untuk menerimanya.

Sampai langkah ini kalian sudah bisa bermain dan bisa menjalankan misi bersama teman kalian. Tapi terkadang ada beberapa player yang akan selalu disconnect / terputus dari player player lain dan tidak bisa bermain bersama. Sehingga terkadang kalian tidak dapat memasuki lobby teman kalian / berada di lobby seorang diri. Penyebab utamanya yaitu pada NAT kalian. Jika NAT kalian strict maka kalian akan sering terputus dengan player lain. Untuk mengetahui jenis NAT kalian bisa mengikuti langkah berikut :

Cara Cek NAT

1. Klik Home -> Klik Gerigi (Gear)

Kita gunakanan tombol lagi seperti tadi. Lalu pergi / klik ke icon gerigi (gear) seperti gambar disamping.

2. Klik Setting

Kemudian klik pada bagian setting. Menu ini merupakan pengaturan singkat dari social club. Cukup banyak fungsinya dan salah satunya bisa untuk melihat jenis NAT.

3. Klik Network Information

Kemudian pilih Network Information. Di situ terdapat beberapa informasi mengenai network kalian salah satunya jenis NAT.

Jenis NAT akan sangat berpengaruh, jika NAT kalian strict maka akan sangat sering untuk terkena disconnect. Namun jika NAT kalian OPEN maka akan sangat jarang terkena disconnect jadi kalian bisa bermain bersama teman teman kalian dengan nyaman tanpa ada gangguan koneksi.

Jangan khawatir karena kami sudah membuat artikel Cara Untuk Mengatasi NAT STRICT. Kalian bisa membaca dan mempraktekannya supaya NAT kalian bisa berubah menjadi open agar bisa bermain dengan teman kalian dengan nyaman.

Cara Komunikasi di GTA Online

Setelah kalian masuk ke dalam lobby bersama teman kalian maka agar lebih seru maka dibutuhkan sebuah komunikasi. Ada beberapa cara untuk berkomunikasi didalam game ini

1. Menggunakan Aplikasi pihak Ketiga

Ya, dengan mengguanakan aplikasi pihak ketiga. Banyak sekali macamnya, diantaranya Discord. Namun resikonya kalian memerlukan sumber daya lebih pada PC karena kalian harus menginstalnya terlebih dahulu.

2. Menggunakan cara langsung

Jika kalian malas untuk menginstal aplikasi yang lain, bisa kok kalian berkomunikasi tanpa harus mnginstal software yang lain. Kalian cukup menekan tombol “T” untuk mengetik yang nantinya bsia dibaca semua orang yang ada di lobby.

Namun jika pesannya tidak ingin terlihat orang lain kalian bisa pencet “Y”. Pesan tersebut akan terbaca ke organisasi kalian saja jika kalian berada dalam 1 organisasi, baik di MC bussines maupun CEO.

Penutup

Oke cukup sekian pembahasan kita mengenai Cara Mabar / Bermain Multiplayer di GTA Online. Jika ada hal yang di tanyakan bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Jangan lupa untuk selalu membaca artikel kami yang lain. Bye Bye 😉

Orang Lain juga Membaca ini

Leave a Comment